20 May 2014

Merancang rumah dengan AutoCAD Architecture


Merancang Rumah dengan autocad architecture
Rumah minimalis LT. 90 .LB. 36
Merancang rumah dengan AutoCAD Architecture adalah salah satu aktifitas yang sedang saya lakukan. Hal ini berawal dari keinginan saya untuk memiliki rumah yang akan saya huni bersama keluarga dan saya jadikan sebuah tempat untuk mendidik anak – anak saya. Untuk mewujudkan itu semua maka saya harus mulai merencanakan dengan sebaik – baiknya, dari tahap perencanaan anggaran, konstruksinya sampai dengan layoutnya ( tata letak ). Oleh karena itu saya coba merancang rumah dengan autocad architeture terlebih dahulu.
Tahap – tahapan merancang rumah dengan autocad architecture itu tidaklah mudah tapi sangatlah perlu agar jerih payah dan waktu yang kita gunakan tidak terbuang sia – sia. Saya menyesal karena sebelumnya saya tidak pernah memikirkan dan tidak mempunyai perencanaan finansial yang baik sehingga saat saya mulai menikah saya belum mempunyai rumah pribadi untuk keluarga baru saya. Untungnya rumah orang tua saya lumayan cukup untuk menampung kami berdua jadi kami tidak terlalu di pusingkan dengan kebutuhan mendesak terhadap rumah tersebut. Tetapi walau begitu keinginan memiliki rumah sendiri masih menjadi impian kami. Kami ingin memiliki sebuah rumah mungil yang cantik dan asri dengan ditumbuhi bunga – bunga serta sedikit pohon berbuah. oooooohhh so sweet …….. jadi curhat nih.
Ya sudah kembali ke inti artikelnya yaitu merancang rumah dengan AutoCAD Architecture. Maksudnya saya menceritakan pengalaman hidup saya ini adalah agar pengalaman hidup saya ini bisa menjadikan kita semua lebih siap lagi, khususnya untuk kawan – kawan yang sudah merencanakan ingin menikah.
Ketika kami masih tinggal dengan orang tua saya, maka ini adalah kesempatan yang bagus untuk saya merencanakan masa depan keluarga baru saya ini dikarenakan pengeluaran – pengeluaran hidup saya masih belum terlalu banyak maka saat ini lah saya mulai mantapkan perencanaan itu. Dalam hal merancang rumah dengan AutoCAD architecture perlu kita ketahui juga tahap awal perencanaan hal lainnya. Contohnya seperti perencanaan yang saya lakukan dibawah ini :
Merancang rumah dan perencanaan yang saya lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Tahun pertama mempersiapkan anggaran untuk membeli tanah/rumah mungil yang asri.
  2. Tahun kedua mempersiapkan anggaran untuk merenovasi rumah agar sesuai dengan keinginan. Hal ini banyak sekali terjadi oleh sebuah keluarga yang baru memiliki rumah. Dikarenakan kebutuhan akan rumah sudah sangat mendesak maka kadang banyak keluarga baru terpaksa mengeluarkan biaya lain untuk renovasi rumah, karena rumah yang mereka beli/angsur tidak sesuai dengan impian mereka. Hal ini sudah pasti sangat membutuhkan biaya dan waktu apalagi jika merenovasinya tidak dengan perencanaan yang baik juga.
Nah berdasar dari itulah maka pada artikel merancang rumah dengan autocad architecture kali ini saya ingin share beberapa informasi yang mungkin dapat berguna bagi anda yang sedang merencanakan membangun sebuah rumah mungil dengan menggunakan AutoCad.
Langkah – langkah yang harus kita lakukan dalam merancang rumah pada AutoCad adalah sebagai berikut :Langkah 1. 
Merancang denah dan siteplan rumah.
Sebelum ke proses merancang rumah  dengan AutoCAD Architecture, silahkan baca dulu paparan saya tentang denah rumah ( tapi ya sebatas sepengetahuan saya tentunya, harap maklum jika sedikit ngawur. Denah rumah adalah hal pertama yang harus dibuat dan di fix-kan se fix-fixnya. Kenapa ? karena apabila gambar merancang rumah dengan autocad architecture telah selesai sampai tahap akhir dan ternyata ada revisi, itu berarti anda harus merubah semua gambar yang telah di buat tadi. Jadi saran saya usahakan tahap denah rumah , siteplan, dan tampak selesai dulu.
Walaupun dalam gambar kerja jumlah lembarnya paling sedikit, tapi karena esensi gambar ada 3 hal di atas, inilah yang membuat tahap tersebut paling lama prosesnya.
Bahan baku yang diperlukan adalah :
  1. Ukuran tanah.
  2. Kebutuhan ruangan ( jumlah penghuni dan peruntukannya ).
  3. Tema rumah.
  4. Ukuran luas akhir bangunan kira – kira.
Tahapan kasar dalam merencanakan bangunan.
  • Awal penggambaran biasanya di mulai dari menggambar site layout.
  • Dilanjut membuat planning kasarnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan ( seperti fungsi bangunan, jumlah penghuni, dll )
  • Setelah itu dibuat dulu kotak – kotak untuk zoning yang diinginkan. Usahakan ukuran ruangnya proporsional dan “manusiawi”. Misal untuk kamar tidur ukuran 2,5 m2 mungkin tergolong sempit. 2,75 m2 agak longgar. 3m2 lumayan nyaman. 4 m2 pasti lega . Tapi klo 2 m2 , untuk tidur siapa nih hehehe  hii serem ????
Ok….sekatang kita coba dulu membuat site layoutnya dengan langkah – langkah sebagai berikut : Tutorial ini menggunakan AutoCAD Architecture 2011.
  1. Setting Drawing Unit.
    • Buka program AutoCad pada komputer anda.
    • Atur unit yang akan dipakai melalui menu format > units. 
    • Setelah itu akan muncul menu Drawing setup. Pada menu ini aturlah satuan ukuran yang ingin anda gunakan. Untuk tutorial ini saya menggunakan satuan millimeter (mm).
    • Lalu pada tab scale aturlah skala yang akan digunakan dan untuk tutorial ini saya menggunakan skala 1 : 100 .
  • Menentukan dan mengatur grid layout bidang gambar. Grid layout ini bisa kita persepsikan sebagai area atau luas tanah yang nantinya akan kita bangun sebuah rumah cantik. Dalam tutorial ini saya tidak menjelaskan secara detil bagaimana cara mengatur grid tersebut pada AutoCAD Architecture 2011. Jika anda belum mengerti cara mengatur grid tersebut anda bisa baca dan lihat penjelasannya pada tutorial saya tentang Cara Mengatur Grid Pada AutoCAD Architecture 2011. Di bawah ini saya hanya memperlihatkan contoh grid yang sudah saya buat dengan memperkirakan luas tanahnya mengacu pada rumah type 36, LT. 90 m2.
Langkah 2. 
Membangun struktur pondasi kolom dan dinding. 
Setelah grid layout anda buat maka tahap selanjutnya adalah pembuatan pondasi kolom dan dinding. Dinding-dinding dan struktur kolom ini anda letakan pada grid yang sebelumnya sudah anda buat sehingga akan terbentuk kotak-kotak yang menandakan  masing-masing ruangan pada rumah tersebut. Lihat langkah-langkah pada keterangan dan gambar dibawah ini !
  • Membangun Struktur Pondasi
    • Pada ribbon klik > design tools
    • Setelah anda klik design tool seperti yang ditunjukan pada gambar di atas maka akan muncul. menu Tool palletes design yang berisi berbagai tool untuk membuat macam-macam bangunan. Pada menu Tool Palletes > tab Design > pilih Column. Lihat pada contoh gambar dibawah ini !
Column 
    • Lalu atur letak struktur kolom tersebut sesuai dengan yang kita inginkan pada grid site plan yang telah kita buat pada tahap awal . Untuk tahap latihan awal gunakanlah type column standar. Lihat pada gambar dibawah ini sebagai contoh penempatan struktur column :
Orbit 3D
Tampilan dengan orbit 3D
  • Membangun Dinding
    • Masih pada meu Tool Palettes-design > klik tab Walls > pilih jenis Walls yang kita inginkan.
    • Buatlah pada area grid yang telah kita buat dengan menggunakan tool walls yang telah anda pilih sehingga membentuk kotak-kotak yang menandakan batas masing-masing ruangan pada rumah tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini !
Langkah 3. 
Mengatur posisi dan letak pintu.
Ok sampai tahap ini saya yakin anda sudah memahami maksud dari penjelasan saya di atas. Setelah membuat pondasi dinding maka selanjutnya yang akan kita lakukan adalah membuat pintu dan jendela untuk masing-masing ruangan dan berilah nama pada ruangan-ruangan tersebut agar kita bisa atur peletakan pintu dan jendela serta bukaan yang baik untuk pintu dan jendela tersebut.
langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Pada ribbon klik > design tools.
  • Lalu muncul menu Tools Pallettes Design >  dan pada tab Doors pilih type pintu yang akan anda gunakan lalu atur posisi serta letak bukaannya agar terdapat ruang bebas.
  • Klik pada tiap-tiap dinding yang akan kita berikan pintu lalu atur letak bukaan pintu tersebut. Lihat contoh pada gambar di bawah ini !
Satu hal yang harus anda perhatikan dalam menentukan posisi pintu pada saat merancang rumah dengan autocad architecture yaitu adanya suatu titik akses pada rumah tersebut yang menjadi pusatnya sehingga pada posisi titik akses tersebut kita dapat secara bebas ke masing-masing ruangan di dalam rumah tersebut.
Untuk melihat hasil sementara merancang rumah dengan AutoCAD Architecture yang sudah kita buat, aturlah pandangan dengan orbit 3D maka hasil yang tampak akan seperti gambar dibawah ini.
Ups mohon maaf tutorialnya cara merancang rumah dengan autocad architecture akan saya sambung minggu depan, berhubung waktu sudah malam dan saya sudah mengantuk. Jangan khawatir jika anda sering berkunjung kesini pastinya tidak akan ketinggalan lanjutan tutorial ini.

No comments:

Post a Comment