22 Apr 2014

Memasang Widget Jejaring Sosial Melayang di Blog

Banyak blogger (termasuk saya) yang mempromosikan blognya di berbagai situs sosial media. Sebut saja Facebook dan twitter, ke dua sosial media ini memang sudah mendunia dan memiliki banyak peminatnya. Tetapi, tidak hanya itu saja jejaring sosial media yang ada di dunia. Masih banyak lagi sosial media yang ada dan bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan blog anda.
Semakin banyak oran yang melakukan aktivitas di jejaring sosial media, maka semakin banyak pula perkembangan-perkembangan yang terjadi di dunia blogging. Salah satunya adalah tombol share yang ada di sebuah website atau blog. Semakin maju saja bukan? sekarang tombol sosial media tersebut sudah menjadi hal wajib yang harus di miliki oleh sebuah blog atau website.

Oleh karena itu, pada artikel saya tentang Widget ini, saya akan membagi informasi tentang "Cara Memasang Widget Jejaring Sosial Keren Melayang di Blog". Widget saya kali ini lebih tepatnya menempel di sidebar blog saudara. Tapi kalau saudara ingin tombol share sosial media yang melayang di blog. Anda bisa pergi ke tutorial blog saya yang satunya  lagi tentang " Bagaimana Membuat Tombol Share Melayang di Blog"

Apa Manfaat dan Kelebihan Widget Ini

Semua tombol sosial media manfaatnya sama yaitu untuk membantu penulis dalam mempromosikan blog mereka ke situs-situs jejaring sosial media online. Bukan hanya penulis saja yang bisa menggunakan tombol sosial media ini, Pengunjung blog pun juga bisa memakainya. Hal ini agar pengunjung yang tertarik dengan artikel tersebut dapat dengan mudah menyebar luaskan artikel anda dengan menggunakan tombol sosila media yang ada.  
Berbicara tentang ke lebihan widget ini, sebenarnya widget sosial media ini sama saja dengan widget sosial media yang anda gunakan. Mungkin perbedaanya terletak pada posisi widget sosial media tersebut. Widget ini memiliki 8 platform jejaring sosial media yang bisa dibilang populer dan muncul atau tampil dalam bentuk sebuar bar yang melayang di sepanjang screen blog saudara. Jadi widget ini akan selalu mengikuti layar anda, sehingga saat anda melakukan scroll ke bawah atau ke atas, widget ini akan selalu terlihat.

Cara Memasang Widget Sosial Media Ini

Bagi anda yang tertarik dengan widget jejaring sosial media yang keren ini. Saudara bisa memasangnya dengan mengikuti prosedur sederhana di bawah ini:
  • Buka akun blogspot saudara
  • Masuk ke Menu Template, kemudian klik tombol Edit HTML
  • Cari kode </body>
  • Klik pointer pada kolom Edit HTML, kemudian tekan Ctrl+F untuk mempermudah Pencarian Kode
  • Setelah kode ketemu, simpan script di bawah ini tepat di atas kode </body>

<!-- import Scripts -->
<script type="text/javascript" src="http://mybloggerlab.com/Scripts/jquery-1.7.1.min.js"></script>
<script type="text/javascript" src="http://mybloggerlab.com/Scripts/mblsocialbar.js"></script>
<div id="scolder">
<script type="text/javascript" src=" http://mbl-flipper-google-blogger.googlecode.com/files/socialflipmin.js"></script></div>  
<link href='http://mybloggerlab.com/StyleSheet/mblsocialbar.css' rel='stylesheet' type='text/css'/>

<!-- MBL Social Media Bar For Blogger -->
<script type="text/javascript">
$(document).ready(function(){
$.mblSocialBar({
items: {
twitter: { url: '#', text: 'Follow me on twitter' },
facebook: { url: '#', text: 'Profile on facebook' },
rss: { url: '#', text: 'RSS Feed' },
google: { url: '#', text: 'Profile on google+' },
youtube: { url: '#', text: 'Profile on youtube' },
orkut: { url: '#', text: 'Profile on orkut' },
myspace: { url: '#', text: 'Profile on myspace' },
digg: { url: '#', text: 'Profile on digg' },
 
},
show: 8,
position: "left",
skin: "clear"
});
 
});
</script>
  • Simpan template
Keterangan kode di atas:
  1. Ganti kode (#) yang berwarna merah dengan URL masing-masing akun yang anda miliki
  2. Kode berwarna ungu adalah jumlah tampilan sosial medianya, anda bisa menggantinya sesuai keinginan anda
  3. Kalau kode yang berwarna hijau adalah letak atau posisi widgetnya nanti. Anda bisa mengganti sesuai yang anda inginkan, seperti Right (widget berada di sibe bar kanan layar), Top (berada di atas layar, dan Bottom ( berada di bawah layar)
  4. Untuk kode yang berwarna pink, anda bisa menggantinya dengan kode dark, jika anda ingin background widgetnya berwarna hitam atau gelap. 
Hasilnya kurang lebih akan seperti ini:

Contoh Widget Sosial Media Melayang di Blog

Selesai, , ,Selamat mencoba dan Semoga Berhasil ...

No comments:

Post a Comment