31 Mar 2014

7 Cara Bersyukur atas Nikmat Yang Diterima

cara bersyukur pada AllahBersyukur punya dampak besar bagi kehidupan manusia. Hal ini sering diajarkan oleh banyak orang, namun mungkin banyak juga yang melupakannya. Terlebih ketika didera oleh beratnya tekanan dalam hidup, mengucap syukur sering lalai dilakukan.
Sekalipun untuk hal-hal kecil, yang mungkin dianggap remeh atau sudah biasa dinikmati, bersyukurlah. Sebab itu akan berpengaruh besar dalam kehidupan anda.
Lalu bagaimana sebaiknya cara bersyukur dilakukan?
Bagi muslim, mengucap alhamdulillah adalah hal yang biasa dilakukan. Namun ucapan syukur tersebut akan kehilangan maknanya jika tak anda resapi. Lakukanlah dengan penuh ketulusan.
Berikut ini beberapa cara untuk bersyukur kepada Tuhan.
  1. Saat beribadah. Bagi yang beragama Islam, resapi bacaan alhamdulillahirobbil ‘alamin yang selalu dibaca setiap ketika sholat. Begitupun seusai sholat, dalam doa ucapkan syukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah dilimpahkannya. Atau juga dengan melakukan sujud syukur. Begitu juga untuk yang beragama lainnya, bisa melakukan peribadatan sesuai cara yang diajarkan.
    Intinya, biasakan untuk bersyukur tiap kita beribadah, dan resapi saat kita melakukannya.
  2. Ketika bangun di pagi hari. Saat anda bangun tidur, ucapkan syukur karena anda diberi kesempatan untuk melanjutkan hidup di hari ini dengan mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat. Anda diberi energi untuk ACTION dan berupaya mencapai yang anda cita-citakan.
  3. Berikan senyuman. Senyum merupakan sebuah bentuk ungkapan syukur atas segala nikmat yang telah diterima. Dan kita ikut menyebarkan energi positif ini pada orang lain agar bisa ikut merasakannya.
  4. Ucapan terimakasih. Mengucapkan terimakasih kepada orang lain juga cara simpel untuk mewujudkan rasa syukur kita. Berkat kehendak Tuhan yang dilakukan melalui orang tersebut, apa yang kita inginkan jadi terlaksana.
  5. Acara syukuran. Mengadakan acara syukuran merupakan bentuk perwujudan syukur ketika hajat yang diinginkan tercapai. Acara ini positif karena juga bisa menambah erat hubungan dengan sesama.
  6. Memberi hadiah. Memberikan hadiah pada seseorang juga bisa menjadi suatu ungkapan syukur kepada Tuhan.
  7. Lakukan kegiatan sosial. Mengadakan kegiatan sosial atau hal-hal yang kelihatannya sepele seperti membersihkan lingkungan, juga merupakan wujud syukur kita kepada Tuhan.
Bersyukurlah dalam setiap kesempatan, dalam situasi yang sulit sekalipun; niscaya anda akan dilimpahi keberkahan dan kebahagiaan.
Jadi… sudahkah kita bersyukur hari ini?

Sumber : http://belajarbersamaimran.wordpress.com/2013/10/08/7-cara-bersyukur-atas-nikmat-yang-diterima/

No comments:

Post a Comment