5 Dec 2011

Tips Mendapatkan Pengunjung Setia di Blog

Tips Mendapatkan Pengunjung Setia - Postingan-postingan yang nda penting dan aneh ini lagi-lagi saya keluarkan. Mungkin bagi anda yang sudah tidak tertarik untuk melihat judul di atas dan tahu apa yang akan dibahas dalam tips blog kali ini yang berjudul "Tips Mendapatkan Pengunjung Setia", silahkan segera menutup window dan tidak perlu membaca lebih lanjut. Karena coretan Deny aneh-aneh dan membingungkan. Cukup sudah basa-basinya, balik ke laptop.

Bermula dari mengunjungi blog-blog terkenal, mereka mempunyai ciri khas tersendiri dalam membuat pengunjung tetap berada dan setia di blognya. Salah satunya adalah dengan menciptakan tema postingan. Biasanya sebuah blog akan menampilkan 1 topik utama yang mereka incar untuk pengunjungnya, seperti komputer, trik dan tips blog, softwares, dan yang lainnya. Salah satu contohnya pada blog Kang Rohman yang sudah tidak asing lagi bagi sobat karena postingan-postingannya yang bermanfaat serta bahasanya yang tidak amburadul dan enak dibaca. Lain halnya dengan blog ini, meskipun tetap fokus pada 1 tema, yaitu trik blog, tapi kadang-kadang tetap mem-posting juga postingan lain yang berguna sebagai refresing atau bentuk penyegaran sobat Deny.

Biasanya Loyal Visitor atau pengunjung setia awal mulanya mereka datang dari sebuah search engine. Karena puas dengan informasi yang kita berikan untuk mereka, biasanya mereka akan terus mengikuti perkembangan yang terjadi pada situs atau blog kita. Tiap kali mereka butuh informasi, mereka tak perlu harus search atau mencari di sebuah mesin pencari, tapi mereka langsung datang ke blog kita untuk melihat informasi-informasi yang kita berikan untuk mereka.

Sepertinya dalam ngeblog memang sangat sulit untuk mencari pengunjung setia/loyal visitor. Namun saya akan membantu anda dalam mencari pengunjung setia yang cukup membantu bisa anda terapkan, berikut penjelasannya:

1. Pengunjung dari Search Engine

Apa yang dimaksud pengunjung dari search engine? Maksudnya, mereka datang dari sebuah mesin pencari dikarenakan apa yang mereka cari, ada dalam situs/blog kita. Pengunjung yang berasal dari search engine, bisa menjadi seorang pengunjung yang loyal atau pengunjung setia situs/blog kamu. Nah untuk bisa mencari seorang pengunjung blog yang berasal dari search engine, silakan belajar seo terlebih dahulu.

2. Fokus Pada Satu Topik

Seperti yang dikatakan Deny pada kata pengantar di atas, bahwa salah satu untuk mendapatkan pengunjung setia adalah dengan fokus pada satu topik. Tentukan topik yang anda mau, contohnya seperti blog ini yaitu trik blog. Jika perlu, cantumkan di homepage blog anda agar pengunjung tahu topik blog anda dan akan mengunjunginya setiap hari untuk mendapatkan informasi yang ia cari di blog anda.

3. Postingan yang Berkualitas

Selain memperkuat postingan dari cara pada poin nomer 1 dan 2, kita perlu juga untuk membuat postingan yang berkualitas. Di dalam artian, berbagai postingan yang anda tulis itu akan menjadi ciri khas dari blog anda sendiri. Berbagai postingan yang anda tulis akan mewakili blog anda untuk cepat terindeks di google seperti yang saya katakan pada poin nomer 1. Jadi untuk menarik pengunjung jenis loyal visitor atau pengunjung setia, maka yang harus kamu tekankan adalah cara penyampaian dan pemberian informasi di situs atau blog kamu. Semakin informatif dan menarik, maka loyal visitor kamu akan semakin banyak. Karena mereka puas dengan informasi yang kamu berikan.

4. Postingan Teratur

Saya tambahkan selain dari pada poin nomer 3 yaitu postingan yang berkualitas kita juga harus update postingan yang teratur. Karena pengunjung akan senang dengan blog yang postingannya update secara berkala. Pengunjung akan datang ke blog kita untuk melihat apa yang baru, yang pastinya postingan kita. Semakin sering update, maka semakin sering juga pengunjung akan mengunjungi blog kamu. Update bisa berkala, bisa 2-3 kali seminggu, bisa juga kurang. Selain pengunjung, search engine seperti google pun senang dengan blog yang update postingan, dan pastinya blog kita akan ditempatkan di tempat yang layak di search engine. Contohnya seperti blog Deny ini, updatenya kadang 1 x sehari dan sering 1 x dua hari jika sedang sibuk.

5. Buatlah Nyaman Pengunjung

Dari keempat poin di atas, yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan pengunjung. Seperti kata pepatah "Tamu adalah raja" yang harus dilayani sebaik-baik mungkin agar tetap berada di tempat/blog kita. Salah satunya adalah dengan modifikasi template dan optimalkan kecepatan blog, dengan begitu pengunjung akan terus nyaman karena merasa dilayani layaknya di sebuah restoran yang mewah.

6. Bergabung Ke Komunitas-Komunitas

Bergabung ke komunitas-komunitas blog juga sangat penting. Selain untuk berdiskusi, kita dapat mempromosikan blog kita sehingga orang pun akan tahu dengan blog kita dan akan mengunjungi bahkan berkomentar di blog kita setiap harinya, sehingga akan ada pengunjung setia tersebut.

7. Pasang Widget Top Komentator

Jangan lupa juga untuk memasang widget top komentator (baca: cara membuat widget top komentator) di blog anda agar pengunjung selalu datang untuk berkomentar di blog anda setiap harinya. Dengan begitu, akan menimbulkan minat pengunjung untuk selalu datang dan anda pun harus bisa menarik simpatinya agar bisa nyaman di blog anda (baca: buatlah pengunjung blog nyaman) untuk terus berkunjung. Maka hal itu akan tercipta saling kunjung dari anda dan pengunjung anda atau yang lebih sering disebut dengan pengunjung setia.

Nah itu tadi adalah Tips Mendapatkan Pengunjung Setia yang dapat anda terapkan di blog anda. Jika ada para master yang dapat menambahkan silahkan di kotak komentar, karena saya hanyalah newbie yang masih belajar.

Semoga Berguna

No comments:

Post a Comment