30 Dec 2011

Cara Merubah File Doc. ke PDF

Salah satu tugas Biomol adalah mengirimkan hasil riview materi dari Buku Online T.A. Brown ke email Dosen pengampu, dengan format pdf.

Biasanya kita selalu membuat tugas tersebut dalam format doc. dari (word 97-2003) ataupun docx. (dari word 2007), lalu bagaimana cara merubah ke formar .pdf ?
Ada beberapa cara untuk merubah format file doc. kita ke dalam bentuk pdf. Caranya ada yang secara online kita merubah file .doc kita ke .pdf, ada juga dengan mengunduh program converter tersebut kemudian di instal ke PC kita, jika ingin secara online merubah format .doc kita ke .pdf silahkan saja coba masuk ke:
masukan file yang akan dirubah dengan cara mengklik “Browse”, kemudian sorot file doc yang akan kita rubah formatnya, kemudian klik “convert to pdf”, kemudian kita tunggu prosesnya. Setelah proses berakhir akan muncul pernyataan “Your files are ready for download” kemudian klik nama file anda yang telah di akhiri dengan .pdf maka akan munculah file anda dengan format pdf, dan yang terakhir save-lah file pdf anda.
Cara yang kedua yaitu dengan mengunduh terlebih dahulu program yang dapat merubah file doc ke pdf, salah satu program yang gratisan (gretongan bo…!) alias TRIAL nya kita bisa unduh di :
Ukuran file ini kecil sehingga biasanya lebih cepat untuk di unduh, hanya sekitar 1.81 MB, jangan lupa hasil unduhan anda itu formatnya .zip sehingga anda perlu meng “extract” file tersebut menjadi file bentuk . exe , caranya dengan mengklik kanan file .zip tersebut kemudian pilih “Extract Here”, setelah proses extract selesai, kemudian didapatlah, file program, tersebut dalam bentuk .exe (dengan icon yang berbeda dengan sebelumnya).
Kemudian lakukanlah instalasi, dengan mengklik prgoram tersebut, Jika ada pernyataan “Welcome….” anda klik next, kemudian akan muncul pernyataan destiation folder klik next, kemudian klik next lagi, kemudian akan muncul pernyataan “ready to instal…” kemudian klik next, tunggulah proses instalasinya, dan terakhir klik finish.
Jika anda membuka program tersebut akan tampaklah deretan format sumber (source) di sebelah kiri, dan sederetan file yang kita inginkan formatnya (destination) disebelah kanan. Pertama browse file .doc yang akan di convert kemudian sorot .pdf di sebelah kanan, kemudian klik save as.
Selamat anda telah merubah file tersebut ke dalam bentuk pdf.
NB: jika masih bingung silahakan tanyakan ke teman atau tetangga terdekat, malu bertanya sesat dijalan , banyak bertanya malu-maluin… he… he…he…!!!
Artikel ini informasi untuk membuat sesuatu hal yang positif, maka dari itu dilarang keras menyalahgunakan pengetahuan ini untuk merubah tahun suatu journal demi mengejar target tugas journal harus 5 tahun terahir.

SILAHKAN ANDA MEMBERI KOMENTAR UNTUK TULISAN INI.

No comments:

Post a Comment