5 Dec 2011

Blog Mu Ciri Khas Mu


"Ciri Khas". Mungkin kata ini sudah tidaklah asing lagi kita dengar ditelinga kita. terkadang hal inilah yang membuat sebagian besar seseorang dapat menjadi sukses. Mengapa....? ini dikarenakan kita akan tampil lebih beda dibandingkan dengan yang lain, misalnya, jika kita mempunyai sebuah penemuan lantas penemuan kita itu sudah ada atau umum orang ciptakan, penemuan tersebut mungkin akan disepelehkan oleh sebagian orang, dan orang yang bertujuan untuk mencari barang tersebut pasti akan mencari barang yang mempunyai kualitas terbaik dan terpercaya. hal inilah yang membuat persaingan kita menjadi sangat berat, apalagi jika kita masih orang baru maka sangat sulit untuk mengalahkan saingan-saingan kita yang sudah senior. namun jika penemuan kita berciri khas dari penemuan-penemuan yang lain, mungkin orang akan mempertimbangkan penemuan kita dikarenakan mempunyai "ciri khas" berkualitas yang berbeda dari yang lain.

Penulis dibalik Artikel ini:
Anugrah Pasau | http://imran-iim.blogspot.com

seperti yang diceritakan Mas Dedy Corbuzer dalam acaranya di TV hari Senin, 17 januari 2011 : ada seorang kuli bangunan yang bekerja keras dengan sangat giat, namun dia mulai mengeluh dengan keadaannya saat ini yaitu jabatannya tidak pernah dinaikkan. hingga kuli bangunan itu menceritakan hal ini di salah satu bosnya 'huhh.....saya sudah bekerja keras tapi kenapa gaji dan pangkat saya tidak pernah naik' lalu bosnya menjawab : sebaiknya kau menggunkan topi biru pada saat bekerja. lalu kuli tersebut menggunkan topi yang sudah disarankan tadi. dan akhirnya gaji dan pangkat kuli bangunan tersebut naik dan terus naik. mengapa ini bisa terjadi......? bukan karena topi yang digunakan ada mantranya, tapi semua kuli bangunan yang bekerja di tempat tersebut menggunkan topi berwarna merah dan yang menggunakan topi berwarna biru hanya dia sendiri, maka hal inilah yang membuat dia semakin diperhatikan karena kinerjanya yang sangat baik tersebut.

Lantas jika kita menerapkan hal ini di blog kita apakah berguna.......? jawabannya sangat berguna, karena jika blog kita berciri khas secara otomatis orang yang mengunjungi blog kita akan merasa mendapatkan hal yang baru dan berbeda dari yang lain. contohnya saja blog ini (o-om.com) yang mempunyai ciri khas memberikan tutorial yang bukan hasil copas(hehehe....cuman ini ciri khas yang saya tau dari blog ini kalo ada yang lebih silahkan tambahkan :)

Pembaca : sudah cukup basa basinya saya sudah mulai bosan langsung saja masuk ke topik. penulis : ok saya mulai. berikut saran yang akan saya berikan untuk diterapkan di blog kalian agar mempunyai sebuah ciri khas :

1. jika blog kalian mempunyai postingan yang bukan kreativitas sendiri sebiknya tinggalkan, mungkin sebagian besar pembaca akan malas berkunjung ke blog kita dikarenakan pembaca akan mencari artikel yang memang dari sumbernnya.

2. kata-kata yang kita gunakan pun harus berciri khas. Contoh : Sobat, Bro, Gan,Dll. misal salah satu artikel kita berbunyi seperti ini : "jika membaca postingan ini mungkin 'sobat' akan merasa bingung jadi sebaiknya baca artikel sebelumnya" Ok Bro....... atau mungkin kata-kata yang sobat (ups ketularan hahahaha......) gunakan mempunyai penegasan-penegasan dalam kata-kata tertentu.

3. atau mungkin blog kita mempunyaio ciri khas update postingan tiap hari, kenapa tidak...? ini sangat berguna loh untuk menambah visitor yang datang ke blog kita. tapi jujur saja saya selaku penulis tidak mampu dalam hal ini hehehehe.....

4. usahakan template kita pun mempunyai desain yang berbeda dari yang lain dengan cara menggabungkan pewarnaan yang saling berkaitan satu sama lain sehingga membentuk suatu keharmonisan yang tak terduga. tetapi jika kita menggunkan template yang hanya membuat mata pembaca menjadi sakit (alias menderita), saya jamin pembaca sudah lari lebih dulu sebelum membaca postingan kita. ini dikarenakn pewarnaan template kita yang saling bertabrakan sehingga otomatis mata akan cenderung mencari warna yang lebih terang. hal ini sering terjadi pada template yang menggukan latar background hitam. mis : penggabungan warna hitam dengan tulisan yang berwarna putih yang abu-abu. tapi masih bisa gunakan warna bertabrakan kok. contohnya penggbungan warna 'hitam dengan ungu'.

5. penggunaan adsense pun debenarnya masuk dalam ciri khas, karena jika menggunkan adsense yang berlebihan saya jamin tampilan blog kalian akan berantakan apalagi jika meletakkan adsense tersebut di sembarang tempat pasti lebih berantakan. apa kalian mau kalau blog kalian mempunyai ciri khas seperti ini.....? yaph........ mungkin sampai sini saja tips yang saya berikan mengenai ciri khas kalo ada tambahan silahkan komen aja.

No comments:

Post a Comment