30 Nov 2011

Bank Indonesia Gelar Seminar Internasional Mitigasi Krisis

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution dan Direktur Bank Dunia untuk Indonesia Stefan G Koeberle menjadi pembicara pembuka seminar yang digelar di Nusa Dua Bali, Kamis sampai Jumat.
Darmin menjelaskan bahwa krisis ekonomi global saat ini telah direspon oleh negara-negara G-20 dengan melalui reformasi sektor keuangan global, dengan salah satu target agenda adalah meningkatkan kualitas kebijakan makro prudensial.
Namun, konteks kebijakan yang dibangun saat ini lebih banyak dilatarbelakangi oleh krisis keuangan yang terjadi di negara-negara maju, sementara negara-negara emerging market memiliki kondisi dan settting yang berbeda dengan negara maju.
"Untuk itulah seminar ini antara lain membahas fokus kebijakan yang tepat untuk negara-negara emerging," kata Darmin.
Stefan dalam kesempatan itu menjelaskan, bahwa seminar ini akan membahas berbagai isu dan tantangan yang muncul di sektor makro prudensial di negara-negara emerging market dengan melihat berbagai kebijakan yang mungkin bisa digunakan menghadapi krisis ini.
"Indonesia sangat berpengalaman dalam menghadapi krisis ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi yang efektif. Dengan kondisi sekarang ini, kita akan berdiskusi bagaimana melihat kebijakan-kebijakan yang ada untuk tetap menjaga stabilitas sektor keuangan kita," katanya.
Dalam seminar ini, lanjutnya diharapkan ada pandangan yang muncul dari berbagai negara mengenai kemungkinan dampak krisis ekonomi global ini yang bisa menular antarnegara dan bagaimana kemungkinan diterbitkannya kebijakan-kebijakan yang bisa dilakukan.
Selain Darmin dan Stefan, hadir sebagai pembicara adalah Asisten Direktur Unit Makro Financial IMF Stijn Claessen, Deputi Gubernur Bank Sentral Turki Turalay Kenc, Peneliti Utama Deutsche Bank Taimur Baig, Lead Financial Bank Dunia PS. Srinivas, Managing Director Bank Sentral Filipina Johnny Noet Ravalo, Direktur Manajemen Risiko Bank of Italy G. Majnoni.
Dari Bank Indonesia hadir Deputi Gubernur BI, Muliaman D Hadad, Halim Alamsyah, Direktur Penelitian dan Pengaturan Perbankan BI Wimboh Santoso. Pembicara lain adalah Direktur Bank Sentral India Somnath Chatterjee, Deputi Direktur Bank of Korea Jong Kyu Lee, Senior Econimist Bank of Japan Naoto Osawa, Deputi Direktur Bank Negara Malaysia Hamim Syahrum Ahmad Mokhtar dan Penasehat Senior Bank Sentral Brasil Ricardo Harris.

No comments:

Post a Comment