24 Oct 2011

tahapan sintesis protein

Sintesis Protein

Protein yang banyak digunakan dalam sel untuk melayani fungsi yang beragam. Beberapa protein memberikan dukungan struktural untuk sel sementara yang lain bertindak sebagai enzim untuk mengkatalisis reaksi tertentu. Kita telah melihat peran yang enzim yang berbeda bermain di struktur bangunan sel dan katalis reaksi metabolik, tetapi di mana protein datang dari?
Sejak awal evolusi, sel-sel telah mengembangkan kemampuan untuk mensintesis protein. Mereka dapat menghasilkan protein baru baik untuk reproduksi atau untuk sekadar mengganti satu terdegradasi. Untuk memproduksi protein, sel mengikuti prosedur yang sangat sistematis yang pertama mentranskripsi DNA menjadi mRNA dan kemudian menerjemahkan mRNA menjadi rantai asam amino. Rantai asam amino kemudian melipat menjadi protein tertentu.
 adapaun langkah-langkah yang terlibat dalam sintesis protein:


Langkah 1: Transkripsi DNA
Sintesis protein dimulai di dalam inti sel ketika gen pengkodean protein disalin menjadi RNA. Gen, dalam bentuk DNA, yang tertanam di dalam kromosom sel. Proses mentransfer DNA gen menjadi RNA disebut transkripsi. Transkripsi membantu untuk memperbesar jumlah DNA dengan membuat banyak salinan RNA yang dapat bertindak sebagai template untuk sintesis protein. Salinan RNA dari gen yang disebut mRNA.
DNA dan RNA keduanya dibangun oleh rantai nukleotida. Namun, RNA berbeda dari DNA oleh substitusi urasil (U) untuk timin (T). Juga, karena hanya satu untai mRNA yang dibutuhkan ketika sintesis protein, mRNA secara alami ada di beruntai tunggal bentuk.


Setelah transkripsi, mRNA diangkut keluar dari inti sel melalui pori-pori nuklir untuk pergi ke situs terjemahan, yang retikulum endoplasma kasar


Langkah 2: RNA Terjemahan

Setelah mRNA telah diangkut ke retikulum endoplasma kasar , itu dimasukkan ke dalam mesin terjemahan ribosom. Ribosom mulai membaca urutan mRNA dari ujung 5 `ke ujung 3`. Untuk mengkonversi mRNA menjadi protein, tRNA digunakan untuk membaca urutan mRNA, 3 nukleotida pada suatu waktu.
Asam amino yang diwakili oleh kodon, yang 3-nukleotida RNA urutan. Urutan mRNA cocok tiga nukleotida pada satu waktu untuk satu set pelengkap dari tiga nukleotida di wilayah antikodon molekul tRNA yang sesuai. Sebaliknya daerah antikodon tRNA dari masing-masing, suatu asam amino dilampirkan dan sebagai mRNA dibaca off, asam amino pada masing-masing tRNA yang bergabung melalui ikatan peptida.





 


 

No comments:

Post a Comment