Latest News

Pencarian

Memuat...

PERBEDAAN ANTARA DNA dan RNA

ad+1


PERBEDAAN ANTARA DNA dan RNA
 
DNA dan RNA adalah dua molekul yang ditemukan dalam sel-sel setiap organisme. DNA adalah singkatan untuk asam deoksiribonukleat sementara RNA pendek untuk asam ribonukleat. Keduanya memiliki fungsi spesifik yang berhubungan dengan pertumbuhan dan replikasi organisme melalui pembelahan sel dan sintesis protein. Namun, DNA dan RNA memiliki perbedaan baik dalam struktur dan penggunaan.  

Perbedaan utama antara DNA dan molekul RNA adalah jenis gula yang hadir di dalamnya. DNA terdiri dari gula deoksiribosa sedangkan RNA terdiri dari gula ribosa. Perbedaan utama antara kedua adalah bahwa gula deoksiribosa memiliki OH lebih.  

Perbedaan lain antara DNA dan RNA adalah struktur dominan mereka. DNA adalah molekul untai ganda dengan rantai panjang nukleotida RNA adalah ketika sebuah molekul untai tunggal yang memiliki rantai lebih pendek dari nukleotida. Kedua DNA dan RNA merupakan polimer namun; setiap molekul telah menetapkan sendiri dari basa. Perbedaan dalam basa DNA dan RNA adalah bahwa RNA memiliki urasil dasar, dan DNA memiliki timin dasar.  

Perbedaan dalam peran masing-masing molekul memiliki dalam biologi sel adalah: DNA berfungsi sebagai penyimpanan informasi genetik dari suatu organisme, sedangkan RNA bertindak sebagai kurir yang relay informasi genetik dari nukleus ke ribosom.

2 komentar: Leave Your Comments

  1. ya sama-sama sob,, kalau butuh bantuan saya mengenai materi-materi apapun silahkan contak saya za ya lewat post koment saya,,, sukses selalu ya sob,, :)

    BalasHapus